SENTRA BAHAN ALAM
Tema/sub
tema :Tanaman / Tanaman Singkong
Topik : Manfaat Singkong
Kelompok :
TK B
Semester/minggu : I / Minggu 15
Hari/tanggal :
Senin, 15 April 2013
Jumlah anak :
8 anak
Tujuan Pembelajaran / Indikator perkembangan:
1.
|
NMA
|
:
|
· Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
|
2.
|
Sosem
|
:
|
· Bekerjasama dalam menyelesaikan tugas
|
3.
|
Bahasa
|
:
|
· Menceritakan pengalaman sederhana
· Menyanyikan lebih dari 20 lagu anak
· Melakukan percakapan dengan teman sebaya / orang dewasa
· Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkanNya
|
4.
|
Kognitif
|
:
|
· Membedakan konsep panjang-pendek,jauh-dekat,lebar/luas-sempit
melalui mengukur dengan aturan tak baku (langkah,jengkal,dll)
· Mengenal konsep banyak-sedikit,lebih-kurang,sama-tidak sama
|
5.
|
Fisik
|
:
|
· Motorik Kasar :
® Melakukan gerakan koordinasi mata tangan dengan menyanyikan lagu
“Menanam Singkong”
· Motorik Halus :
® Menggambar dengan tekhnik kolase dengan berbagai media
1.
|
Materi pembelajaran:
1.
NMA
|
;
|
· Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan.
|
2.
Sosem
|
:
|
· Anak
dapat bekerjasama dengan temannya ketika menyelesaikan tugas membuat tape singkong
bersama.
|
3.
Bahasa
|
:
|
· Menceritakan pengalaman sederhana yang dialami oleh anak
· Menyanyikan lagu
“menanam singkong” dengan melakukan gerak dan lagu.
· Mampu melakukan
percakapan dengan teman sebaya / orang dewasa tentang manfaat
tanaman singkong.
· Dapat menghubungkan dan
menyebutkan kata sederhana (kartu kandungan singkong ) dengan simbol huruf yang melambangkannya. Contoh : P-R-O-T-E-I-N, V-I-T-A-M-I-N, K-A-L-S-I-U-M, L-E-M-A-K.
|
4.
Kognitif
|
:
|
· Mampu membedakan konsep panjang-pendek, lebar/luas-sempit
melalui mengukur batang singkong dengan aturan tak baku (jengkal).
·
Mengenal konsep
banyak-sedikit-sedang dengan
menakar bahan untuk membuat kolak singkong.
|
5.
Fisik
|
:
|
· Motorik Kasar :
® Melakukan gerakan koordinasi mata tangan dengan menyanyikan lagu
“Menanam Singkong”
® Melakukan banyak gerakan koordinasi mata dan tangan dengan menirukan gerakan pak tani menanam pohon singkong
· MotorikHalus
:
® Menggambar dengan tekhnik kolase dengan media kulit umbi
singkong.
® Menjepit kartu angka sesuai ukuran jengkal
dengan menggunakan jepit jemuran di seutas tali.
|
Kegiatanbelajar
KEGIATAN
|
ALAT/SUMBER
BELAJAR
|
ALAT PENILAIAN
|
KEGIATAN PEMBUKA (07.30 –
08.00)
Anak datang, salam, meletakkan tas dan minum di loker,
Transisi main (main bebas)
Berbaris di halaman,
berdoa bersama di sentra (big circle)
Salam kepada guru kelas
Keimtaqan (sesuai agama masing-masing anak)
Materi pagi dengan wali kelas masing-masing
Transisi sentra
|
Anak. Guru, loker,
Mainan
Anak, guru
Anak, guru
guru
guru
Bunda wali, anak
|
Observasi
observasi
Observasi
Observasi
Observasi
Observasi
|
PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN
· Dapat menghubungkan dan
menyebutkan kata sederhana (kartu kandungan singkong ) dengan simbol huruf yang melambangkannya (kartu huruf). Contoh : P-R-O-T-E-I-N, V-I-T-A-M-I-N, K-A-L-S-I-U-M, L-E-M-A-K. (untuk 4 anak)
· Menggambar dengan tekhnik kolase dengan media kulit umbi
singkong. (untuk 4 anak)
· Membedakan konsep panjang-pendek, lebar/luas-sempit
melalui mengukur batang singkong dengan aturan tak baku (jengkal).(untuk
4 anak)
· Menakar bahan untuk membuat kolak, mengenalkan konsep banyak-sedikit-sedang. (untuk 4 anak)
· Bekerjasama membuat tape singkong bersama. (untuk 4 Anak)
|
kartu kata, kartu huruf, pensil,kertas HVS, alas
Kertas HVS, kulit singkong, lem, pensil
Batang singkong, Jepit jemuran, rafia,kartu
angka 1-10, pensil
Bahan-bahan untuk membuat kolak
Singkong, ragi, piring, daun pisang |
Unjuk kerja & observasi
Unjuk kerja & observasi
Unjuk kerja & observasi
Unjuk kerja & observasi Unjuk kerja & observasi |
KEGIATAN INTI
PIJAKAN SEBELUM MAIN : 08.30 – 09.15
Menyapa anak
Mengajakan anak untuk mengabsen teman-temannya
Olahraga/gerak tubuh : menyanyi seraya menirukan gerak pak tani menanam singkong
Bercerita tentang bagian-bagian pohon singkong dilanjutkan dengan berdiskusi tentang manfaat singkong
Konsep –konsep :
Huruf
: P-R-O-T-E-I-N-L-M-A-K-S-U-V
Angka
: 1-10 (berhitung)
Konsep :membilang
1 – 10
Bentuk :
silinder, lonjong, kerucut
Ukuran : panjang-pendek, lebar, banyak-sedikit-sedang
Warna :
cokelat, putih, hijau
Tekstur
: halus-kasar
Moral : sabar, tertib
Kosakata: protein, kalsium, lemak, vitamin, batang, daun,
singkong, kebun, gethuk, tape, kolak, karbohidrat, silinder, petani, tanah,
air, akar, kulit, tangkai, jauh,
dekat, luas
Tepuk/ Lagu :
“menanam singkong”
Ayo kawan kita bersama, menanam singkong di kebun kita
Ambil cangkulmu, ambil pangkulmu
Kita bekerja tak jemu-jemu, cangkul-cangkul
Cangkul yang dalam, menanam singkong di kebun kita.
|
guru
Anak, guru, papantulis, spidol
Anak, guru, lagu “menanam singkong”
Anak, guru, pohon singkong, papan tulis, spidol
Kartu kata, kartu huruf, HVS, spidol
Kartu angka, batang singkong, jengkal,HVS,pensil
Guru dan anak, umbi
singkong
Batang singkong,
bahan membuat kolak singkong
Umbi singkong, batang
dan daun singkong
Kulit singkong, umbi
singkong yang sudah dikupas
Anak dan guru
|
Observasi
Observasi
Praktek langsung & observasi
observasi
observasi
observasi
observasi
observasi
observasi
observasi
Praktek langsung & observasi
observasi
|
PIJAKAN SAAT MAIN : 09.15 – 10.25
•
Memberikan waktu main
(min 45-60 menit)
•
Membantu anak jika ada
yang kesulitan dengan alatnya
•
Memperkuat dan memperluas bahasa anak
•
Memperluas gagasan main anak dengan pertanyaan terbuka
•
Mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan main anak
|
guru
Guru
Guru
guru, anekdot
Guru, kamera, catatan
|
Observasi
Observasi
Tanya jawab & observasi
Tanya jawab & observasi
Observasi
|
PIJAKAN SETELAH MAIN : 10.25 –
10.35
•
Memajanghasilkarya / memfolder
•
Memberikan informasi sisa waktu main
•
Membereskan alat main dan klasifikasi
•
Membentuk lingkaran bersama semua anak
•
Menanyakan apa perasaan
anak setelah main
•
Menanyakan kegiatan main
yg telah dilakukan anak
•
Menanyakan kembali
konsep yg telah ditemukan anak
•
Menegaskan perilaku yang telah dimunculkan anak
•
Menghubungkan dengan
kegiatan yang akan datang
•
Transisi
|
Anakdan guru
Guru
Anakdan guru
Anak dan guru
guru
guru
guru
guru
Anak dan guru
Anak dan guru
|
Observasi
Observasi
Pemberian tugas & observasi
Observasi
Tanya jawab
Tanya jawab
Tanya jawab
Bercakap-cakap
Bercakap-cakap
Penugasan
|
KEGIATAN MAKAN DAN TRANSISI
PULANG (10.35 – 11.20)
· Makan bersama dengan aturan (SOP makan) --- 10.35 – 11.05
· Bermain bebas (11.05 – 11.20)
|
Anak, guru, meja kursi, bekal
Alat main luar ruangan, perpustakaan
|
Praktek langsung & observasi
Praktek langsung & observasi
|
Kegiatan penutup (11.20 – 11.30)
Berdoa bersama
Menyanyi bersama
Penguatan perilaku yang positif, pesan-pesan
Pengumuman
Pulang
|
Anak, guru
Anak, guru
Anak, guru
Anak, guru
Anak, guru
|
Praktek langsung
Praktek langsung
Bercakap-cakap
Observasi
|
Mengetahui, Semarang,
15 April 2013
KepalaSekolah Guru
sentra
…………… ...........................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar