Minggu, 23 Juni 2013

CONTOH RKH SENTRA

RENCANA KEGIATAN HARIAN
 SENTRA BAHAN ALAM

Tema/sub tema             :Tanaman / Tanaman Singkong
Topik                              : Manfaat Singkong
Kelompok                       : TK B  
Semester/minggu          : I / Minggu 15
Hari/tanggal                  : Senin, 15 April 2013
Jumlah anak                  : 8 anak                                  
  
Tujuan Pembelajaran  / Indikator perkembangan:
1.
NMA
:

·      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

2.
Sosem
:

·      Bekerjasama dalam menyelesaikan tugas

3.
Bahasa
:

·      Menceritakan pengalaman sederhana
·      Menyanyikan lebih dari 20 lagu anak
·      Melakukan percakapan dengan teman sebaya / orang dewasa
·      Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkanNya

4.
Kognitif
:


·      Membedakan konsep panjang-pendek,jauh-dekat,lebar/luas-sempit melalui mengukur dengan aturan tak baku (langkah,jengkal,dll)
·      Mengenal konsep banyak-sedikit,lebih-kurang,sama-tidak sama

5.
Fisik

:


·      Motorik Kasar :
®     Melakukan gerakan koordinasi mata tangan dengan menyanyikan lagu “Menanam Singkong”
·      Motorik Halus :
®     Menggambar dengan tekhnik kolase dengan berbagai media

1.        


Materi pembelajaran:
1.        NMA
;
·      Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

2.        Sosem
:
·      Anak dapat bekerjasama dengan temannya ketika menyelesaikan tugas membuat tape singkong bersama.

3.        Bahasa
:
·      Menceritakan pengalaman sederhana yang dialami oleh anak
·      Menyanyikan lagu “menanam singkong” dengan melakukan gerak dan lagu.
·      Mampu melakukan percakapan dengan teman sebaya / orang dewasa tentang manfaat tanaman singkong.
·      Dapat menghubungkan dan menyebutkan kata sederhana (kartu kandungan singkong ) dengan simbol huruf yang melambangkannya. Contoh  : P-R-O-T-E-I-N, V-I-T-A-M-I-N, K-A-L-S-I-U-M, L-E-M-A-K.

4.        Kognitif
:
·      Mampu membedakan konsep panjang-pendek, lebar/luas-sempit melalui mengukur batang singkong dengan aturan tak baku (jengkal).
·      Mengenal konsep banyak-sedikit-sedang dengan menakar bahan untuk membuat kolak singkong.
5.        Fisik
:
·      Motorik Kasar :
®     Melakukan gerakan koordinasi mata tangan dengan menyanyikan lagu “Menanam Singkong”
®    Melakukan banyak gerakan koordinasi mata dan tangan dengan menirukan gerakan pak tani menanam pohon singkong

·      MotorikHalus :
®     Menggambar dengan tekhnik kolase dengan media kulit umbi singkong.
®     Menjepit kartu angka sesuai ukuran jengkal dengan menggunakan jepit jemuran di seutas tali.


Kegiatanbelajar
KEGIATAN
ALAT/SUMBER BELAJAR
ALAT PENILAIAN
KEGIATAN PEMBUKA (07.30 – 08.00)
Anak datang, salam, meletakkan tas dan minum di loker,
Transisi main (main bebas)
Berbaris di halaman, berdoa bersama di sentra (big circle)
Salam kepada guru kelas
Keimtaqan (sesuai agama masing-masing anak)
Materi pagi dengan wali kelas masing-masing
Transisi sentra

Anak. Guru, loker,

Mainan
Anak, guru

Anak, guru
guru

guru

Bunda wali, anak

Observasi

observasi
Observasi

Observasi
Observasi

Observasi
PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN
·      Dapat menghubungkan dan menyebutkan kata sederhana (kartu kandungan singkong ) dengan simbol huruf yang melambangkannya (kartu huruf). Contoh  : P-R-O-T-E-I-N, V-I-T-A-M-I-N, K-A-L-S-I-U-M, L-E-M-A-K. (untuk 4 anak)

·      Menggambar dengan tekhnik kolase dengan media kulit umbi singkong. (untuk 4 anak)

·      Membedakan konsep panjang-pendek, lebar/luas-sempit melalui mengukur batang singkong dengan aturan tak baku (jengkal).(untuk 4 anak)
·      Menakar bahan untuk membuat kolak, mengenalkan konsep banyak-sedikit-sedang. (untuk 4 anak)

·  Bekerjasama membuat tape singkong bersama. (untuk 4 Anak)

kartu kata, kartu huruf, pensil,kertas HVS, alas





Kertas HVS, kulit singkong, lem, pensil

Batang singkong, Jepit jemuran, rafia,kartu angka 1-10, pensil


Bahan-bahan untuk membuat kolak



Singkong, ragi, piring, daun pisang




Unjuk kerja & observasi





Unjuk kerja & observasi

Unjuk kerja & observasi



Unjuk kerja & observasi


Unjuk kerja & observasi
KEGIATAN INTI
PIJAKAN SEBELUM MAIN  : 08.30 – 09.15
Menyapa anak
Mengajakan anak untuk mengabsen teman-temannya
Olahraga/gerak tubuh : menyanyi seraya menirukan gerak pak tani menanam singkong
Bercerita tentang bagian-bagian pohon singkong dilanjutkan dengan berdiskusi tentang manfaat singkong


Konsep –konsep :
Huruf      : P-R-O-T-E-I-N-L-M-A-K-S-U-V

Angka     : 1-10 (berhitung)
Konsep  :membilang 1 – 10

Bentuk  : silinder, lonjong, kerucut
Ukuran  : panjang-pendek, lebar, banyak-sedikit-sedang
Warna   : cokelat, putih, hijau

Tekstur  : halus-kasar

Moral : sabar, tertib
Kosakata: protein, kalsium, lemak, vitamin, batang, daun, singkong, kebun, gethuk, tape, kolak, karbohidrat, silinder, petani, tanah, air,  akar, kulit, tangkai, jauh, dekat, luas
Tepuk/ Lagu  :
“menanam singkong”
Ayo kawan kita bersama, menanam singkong di kebun kita
Ambil cangkulmu, ambil pangkulmu
Kita bekerja tak jemu-jemu, cangkul-cangkul
Cangkul yang dalam, menanam singkong di kebun kita.



guru
Anak, guru, papantulis, spidol

Anak, guru, lagu “menanam singkong”

Anak, guru, pohon singkong, papan tulis, spidol



Kartu kata, kartu huruf, HVS, spidol

Kartu angka, batang singkong, jengkal,HVS,pensil

Guru dan anak, umbi singkong
Batang singkong, bahan membuat kolak singkong
Umbi singkong, batang dan daun singkong
Kulit singkong, umbi singkong yang sudah dikupas
Anak dan guru


Observasi
Observasi

Praktek langsung & observasi

observasi




observasi

observasi
observasi

observasi
observasi

observasi

Praktek langsung & observasi
observasi

PIJAKAN SAAT MAIN : 09.15 – 10.25
   Memberikan waktu main (min 45-60 menit)
   Membantu anak jika ada yang kesulitan dengan alatnya
   Memperkuat dan memperluas bahasa anak

   Memperluas gagasan main anak dengan pertanyaan terbuka
   Mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan main anak


 guru
Guru

Guru

guru, anekdot


Guru, kamera, catatan


Observasi
Observasi

Tanya jawab & observasi
Tanya jawab & observasi

Observasi

PIJAKAN SETELAH MAIN  : 10.25 – 10.35
   Memajanghasilkarya / memfolder
   Memberikan informasi sisa waktu main
   Membereskan alat main dan klasifikasi

   Membentuk lingkaran bersama semua anak
   Menanyakan apa perasaan anak setelah main
   Menanyakan kegiatan main yg telah dilakukan anak
   Menanyakan kembali konsep yg telah ditemukan anak
   Menegaskan perilaku yang telah dimunculkan anak
   Menghubungkan dengan kegiatan yang akan datang
   Transisi


Anakdan guru
Guru
Anakdan guru

Anak dan guru
 guru

 guru

 guru

guru

Anak dan guru

Anak dan guru



Observasi
Observasi
Pemberian tugas & observasi
Observasi
Tanya jawab

Tanya jawab

Tanya jawab

Bercakap-cakap

Bercakap-cakap

Penugasan

KEGIATAN MAKAN DAN TRANSISI PULANG (10.35 – 11.20)
·  Makan bersama dengan aturan (SOP makan)  --- 10.35 – 11.05

·  Bermain bebas (11.05 – 11.20)



Anak, guru, meja kursi, bekal


Alat main luar ruangan, perpustakaan



Praktek langsung & observasi

Praktek langsung & observasi



Kegiatan penutup (11.20 – 11.30)
Berdoa bersama
Menyanyi bersama
Penguatan perilaku yang positif, pesan-pesan
Pengumuman
Pulang


Anak, guru
Anak, guru
Anak, guru
Anak, guru
Anak, guru


Praktek langsung
Praktek langsung
Bercakap-cakap

Observasi

Mengetahui,                                                  Semarang, 15 April 2013
KepalaSekolah                                                     Guru sentra



……………                                                      ...........................                        





























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar